Ngopi Yuk ! di katanya.terserah.cafe | ig Instagram : katanya.terserah.cafe

ngopi yuk

Ig Instagram : katanya.terserah.cafe

Kopi. Sebagian orang ketika mendengar kata kopi maka akan dihubungkan dengan begadang, tidur larut malam, menemani belajar atau ngerjain tugas sekolah, dan nongkrong-nongkrong di kedai kopi branded seperti starbucks, excelso atau J.Co. Sebagian lagi menganggap kopi sebagai kebutuhan pokok untuk menemani hari mereka. Setidaknya secangkir kopi di pagi hari atau menjelang malam sambil menikmati udara sejuk pada sore hari. Kopi tidak hanya menjadi sekedar minuman biasa. Bahkan kopi-pun bisa menjadi sebuah gaya hidup bagi para penikmatnya.

 MENGENAL KOPI (SEDIKIT) LEBIH JAUH

Kopi di pasar umumnya dibedakan dalam beberapa jenis. Dua yang terbesar adalah kopi Arabika dan Robusta. Sisanya kopi liberika, luwak, dan lain-lain. Kopi robusta tumbuh di dataran rendah sekitar 700 mdpl. Teksturnya cenderung kasar. Tersebar luas di Indonesia dan Filipina. Kualitas kopi robusta dinilai lebih rendah disbanding arabika. Tetapi memiliki kadar kafein yang lebih tinggi. Berbeda dengan robusta, arabika merupakan kopi yang menjadi primadona di kalangan penikmat kopi. Karna memang, kopi robusta lebih diperuntukan untuk bahan kopi instan. Kopi arabika lebih sering kita temukan di kedai kopi. Kopi ini tumbuh di dataran yang lebih tinggi, diatas 700 mdpl. Banyak ditemukan di Etiopia dan Brasil. Kedua negara tersebut menguasai 70% pasar kopi secara global. Kopi arabika memiliki aroma yang wangi, rasa yang sedikit asam, kental di mulut, pahit, dan tekstur yang lebih halus. Gampangnya kopi arabika lebih digemari dibanding robusta. Oleh karena itu, harganya pun lebih mahal.

bean-vs-bean

Arabika Vs Robusta

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis kopi yang tumbuh tersebar dari sabang sampai merauke. Masing-masing dari biji kopi yang tumbuh di suatu daerah, memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa yang terkenal adalah Kopi Toraja, Aceh Gayo, Bali Kintamani, Wamena, Flores, dan Jawa. Belum semua dari jenis kopi yang disebutkan tadi pernah saya cicipi. Hanya Bali, Aceh Gayo, Lampung, dan Toraja. Sejauh ini yang menarik perhatian saya adalah kopi Bali. Kopi Bali yang tumbuh di tempat sejuk memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi di daerah lain. Kopi Bali memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Dikarenakan, tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Itu kenapa biji kopinya meresap rasa buah-buahan seperti jeruk. Dan terasa tidak terlalu berat.

YUK, KITA NGOPI!

 

“Kenapa suka kopi?” “bukannya pahit ya?” “kan bikin susah tidur”. Sebetulnya, minum kopi itu seperti hidup ini. Kalau kamu tidak bisa menikmatinya, yang kamu rasakan hanya pahitnya saja. Walau minum kopi memang pada awalnya tidak mudah. Tapi cobalah untuk menikmatinya. Kopi itu sebenarnya tidak pahit, hanya bagaimana cara kita menikmatinya saja. Jika nongkrong di coffee shop. Cobalah untuk bertanya dan meminta rekomendasi dari barista disana. Barista adalah sebutan bagi mereka yang berprofesi sebagai pembuat kopi. Mintalah untuk disajikan kopi yang tidak terlalu pahit tetapi kamu masih bisa menikmati cita rasanya. Ada beberapa cara penyajian kopi. Seperti espresso, machiatto, cappuccino, café latte, dll.

12814609_983210001755825_3318852020420676056_n

kopibrebes.wordpress.com | katanya.terserah.cafe

Iklan

Tentang kopibrebes

Mungkin kamu bisa membuat monster-monster seperti yang dilakukan oleh Stefan Kuhnigk dalam proyeknya, The Coffee Monsters. di Coffe katanyaterserah tidak kalah menarik untuk mengubah kopi sesuai keinginan anda.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s