Istilah Kata Ngopi | katanya.terserah.cafe

katanya.terserah.cafe.119    Bagi sebagian anak muda, khusunya mahasiswa, ngopi termasuk kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Kebiasaan ini seakan sudah membudaya. Dilakukan turun temurun. Dan, tidak diketahui secara pasti kapan dan siapa yang memulai. Ternyata, kegiatan yang sederhana ini, tidak sekedar menyeruput kopi saja, tapi kadang juga dijadikan ajang adu ‘mulut’; melontarkan ide-ide, mengemukakan pendapat, dan mengkritisi berita terhangat. Saking asyiknya diskusi sambil ngopi, kadang lupa tidur. Katakanlah begadang.

Sepengatahuan penulis, tidak ada pengertian baku apa itu ngopi. Ngopi identik dengan perkumpulan orang-orang yang sesekali menyeruput kopi. Sebenarnya, kalau diteliti kembali, minuman yang ada di perkumpulan itu tidak hanya kopi. Minuman yang lain, seperti minuma es atau susu ikut nimbrung di perkumpulan kecil itu. Dengan kata lain, ngopi tidak harus minum kopi. Yang terpenting, ada sebuah perkumpulan yang ditemani minuman itu juga bisa dikatakan ngopi. Namun biasanya, setiap ada perkumpulan anak muda, terlebih mahasiswa, di situlah ada kopi. Mungkin karena itulah, perkumpulan beberapa anak muda itu dikatakan ngopi.

Manfaat terbesar yang bisa diambil dari ngopi adalah menyerap banyak pengetahuan. Sebab, dalam forum ngopi pasti ada “celotehan-celotehan”. Kemudian, celotehan itu ditanggapi oleh celotehan yang lain, sehingga terciptalah diskusi tanpa sengaja. Tentu ketika terjadi diskusi, ada pertukaran ilmu dari satu ke yang lain. Wawasan dan pengetahuan hadirin pun kian bertambah. Apalagi, dalam ngopi itu terdapat senior yang lebih berpengalaman dan berwawasan. Pasti ada pengetahuan baru yang dapat diperoleh anggota ngopi..

Setelah mendapat banyak pengetahuan, sangat diharapkan para peserta ngopi mendapatkan inspirasi yang membawanya bergerak. Bergerak untuk meraih cita-citanya. Bergerak mewujudkan keinginannya. Bergerak untuk menjadi orang yang lebih berarti bagi sesama. Bergerak untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bukankah inspirasi itu pembangkit? Tanpa inspirasi, hidup ini bagai pohon tak berakar. Lekas tumbang dan jatuh. Diterpa angin sedikit saja sudah bergelimpangan. Padahal, menjalani hidup itu dibutuhkan jiwa yang tangguh. Yang siap menghadapai apa saja. Hal itu sulit didapat tanpa inspirasi.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika ngopi hanya sekedar menyeruput kopi. Tanpa ada pertukaran pikiran. Tanpa dihiasi ilmu pengetahuan. Tanpa lahirnya inspirasi. Lebih parahnya, jika hanya mengendutkan timbangan dosa. Prihatin. Dengan begitu, apa artinya ngopi? Apa artinya perkumpulan? Bukankah Rasulullah saw. sangat menganjurkan kepada kita agar menjahui sesuatu yang tidak bermanfaat? Kita anak muda. Perjalanan masih panjang (meski sebenarnya, kematian hanya Allah yang tahu). Masa depan kita, masa depan bangsa ini. Apa yang kita lakukan sekarang menjadi cermin bagaimana bangsa ini kedepan. Jika kita hanyangopi tanpa arti, hancurlah semuanya. Terutama masa depan kita.

Agar ngopi menjadi bumi subur inspirasi yang baik, setidaknya ada empat langkah yang harus dilakukan pelaku ngopi. Pertama, niat. Niat adalah pokok dari sebuah tindakan. Tanpa niat, tidak akan ada tindakan. Tanpa niat, tidak akan ada inspirasi. Jadi, bagi yang ingin mencari inspirasi di forum ngopi, harus berniat ingin mencari inspirasi. Tentu, orang yang ngopi dengan niat di hati sangat berbeda dengan orang yang sekedar ngopi. Yang memiliki niat akan lebih cerdas mengoptimalkan waktu. Dia akan memanfaatkan forum ngopi sebaik-baiknya. Sedangkan yang tidak memiliki niat, tidak demikian. Dia cenderung mengikuti arus.

Kedua, antusias. Tentu, agar inspirasi itu muncul harus antusias mendengarkan celotehan temanngopi. Apa pun saja yang dibicarakan. Sebab, inspirasi itu kadang muncul dari hal yang biasa-biasa saja. Dari antusias inilah, kadang pula muncul pemikiran berbeda dari apa yang telah dilontarkan. Sehingga, forum ngopi penuh inspirasi. Inspirasi dari teman sebelah dan Inspirasi dari diri sendiri.

kopibrebes.wordpress.com | katanya.terserah.cafe

Iklan

Tentang kopibrebes

Mungkin kamu bisa membuat monster-monster seperti yang dilakukan oleh Stefan Kuhnigk dalam proyeknya, The Coffee Monsters. di Coffe katanyaterserah tidak kalah menarik untuk mengubah kopi sesuai keinginan anda.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s